**Tiga tahun berturut Kinerja Pemerintah Terbaik

KOMINFO.JAKARTA--Walikota Samarinda Syaharie Jaang kembali menorehkan prestasi. Kali ini, bersama tiga daerah di Indonesia, Kabupaten Bantul DIY, Pinrang Sulawesi Selatan dan Samarinda berhasil meraih penghargaan tertinggi dari Presiden RI Joko Widodo Parasamya Purnakarya Nugraha.

Penghargaan yang diserahkan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo kepada Syaharie Jaang dirangkai dalam upacara Hari Pahlawan di halaman kantor Kemendagri RI, Jumat (10/11) pagi tadi.

Penghargaan ini diberikan berdasarkan evaluasi kinerja Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) tahun 2013, tahun 2014 dan tahun 2015 oleh pemerintah pusat, Samarinda dinilai dapat mempertahankan kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerahnya terbaik secara nasional. Dengan demikian, Samarinda selain satu satunya daerah yang menerima Parasamya di Kalimantan, juga yang pertama di Kalimantan.

Diberikannya Penghargaan Parasamya Purnakarya Nugraha atas karya tertinggi pelaksanaan pembangunan dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Mendagri memberikan apresiasi terhadap para penerima penghargaan kali ini. “Kepala daerah seperti inilah yang patut memimpin daerah, baik di kabupaten/kota maupun propinsi,” ucap Tjahjo.

Ia menilai penerima penghargaan ini telah berhasil mengemban amanah masyarakat pemilih, konsisten menjalankan janji kampanye, dan membuktikan mampu menuntaskan pembangunan. Walaupun belum tuntas masa jabatan, tapi program pembangunan setidaknya selesai 80%.

"Penghargaan ini juga untuk memacu kepala daerah lain agar melanjutkan program strategis nasional di daerah, menggerakkan masyarakat, mengorganisasi masyarakat untuk menuntaskan program prioritas di daerah masing-masing," tuturnya. 

Penghargaan tersebut, kata dia, bukan hanya penilaian dari Kemendagri semata, melainkan seluruh kementerian dan lembaga negara setelah melalui proses yang cukup panjang. 

"Selamat atas penghargaan yang telah didapat. Semoga ke depan dapat mempertahankan kinerja ini demi pemerataan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan sosial," sambung dia. 

Saat menerima penghargaan yang diserahkan Mendagri mewakili Presiden, Walikota Samarinda sangat bahagia, karena jerih payah yang dilakukan bersama jajarannya melayani masyarakat, mendapat apresiasi dari pemerintah berupa penghargaan tertinggi.

Keberhasilan memperoleh penghargaan tertinggi di bidang pelayanan dasar dan non dasar, menjadi momentum untuk terus membangun daerah ini.

Meski telah mampu memperoleh penghargaan tertinggi dari pemerintah pusat, bukan berarti tidak ada yang dibenahi.

Menurut Jaang akan ada evaluasi lagi terhadap bidang-bidang yang dinilai masih belum optimal.  

Penyerahan penghargaan ini seyogyanya akan diserahkan langsung Presiden, namun karena banyaknya kesibukan, penyerahan dilakukan oleh Mendagri.

Dalam penyerahan itu, Jaang didampingi Sekkot Samarinda Sugeng Chairuddin, Asisten I Hermanto, Kabag Pemerintahan Eko Suprayetno, Kabag Hukum Masril dan Kabag Humas dan Protokol Syahruddin SY.(kmf2)


Selamat datang di Website Resmi Kelurahan Sempaja Timur
Selamat Datang di Kelurahan Sempaja Timur